Tips Fotografi

8+ Tips & Trik Teknik Fotografi Yang Dapat Anda Coba

Teknik fotografi

Ada banyak teknik fotografi yang anda harus coba, dan dapat anda coba meskipun dirumah. Berikut ini Pondokwedding.com akan memberikan 8+ tips & trik teknik fotografi yang anda dapat coba serta penjelasan tentang apa itu fotografi.

Fotografi atau dalam bahasa inggris Photography, berasal dari bahasa yunani yaitu “Photos” yang memiliki arti “Cahaya” dan “Grafo” memiliki arti “Melukis atau Menulis“.

Pengertian Singkat Fotografi

Secara umum fotografi adalah proses melukis atau menulis dengan menggunakan media cahaya. Dengan kata lain, fotografi berarti aktivitas atau kegiatan yang dilakukan menggunakan beberapa metode untuk menghasilkan atau menciptakan sebuah gambar (photo). Dari suatu objek dengan menggunakan pantulan cahaya yang mengenai objek atau bidang pada media yang peka cahaya.

Teknik-Teknik Fotografi

Berikut ini Pondokwedding.com selaku penyedia jasa fotografi dan videografi khususnya untuk jasa foto pernikahan, jasa foto prewedding, jasa foto lamaran dan jasa foto event lainnya akan memberikan 8+ tips & trik teknik fotografi yang dapat anda coba dirumah.

  • Teknik Panning

Teknik yang pertama yang dapat anda coba dirumah yaitu teknik panning, pada teknik ini objek yang bergerak akan terlihat tajam dan background akan terlihat kabur atau blur.

Untuk melakukan teknik panning ini dibutuhkan latihan secara berulang, terutama bagi anda yang belum terbiasa menggunakan shutter speed rendah untuk membidik objek tanpa tripod. Namun untuk hasil lebih maksimal anda dapat menggunakan tripod, guna menghindari “shake” dan setting shutter speed rendah pada angka 8-60.

pengertian fotografi
  • Teknik Macro

Teknik Macro atau Fotografi makro adalah teknik yang digunaan atau diterapkan dengan cara mengambil gambar atau objek kecil menjadi dekat atau Close up. Teknik jenis ini pada umumnya memiliki rasio 1:1 dari ukuran asli objek atau benda tersebut.

Dalam teknik fotografi makro, lensa yang biasa digunakan yaitu lensa dengan jarak fokus makro 55-250mm pada kamera Canon.

CANON-EF-S-55-250-MM, TIPS FOTOGRAFI

Atau menggunakan lensa makro Canon EF 100 mm f/2.8L IS USM untuk menghasilkan gambar atau objek menjadi lebih tajam.

lens-macro-100-mm, tips fotografi makro
  • Teknik Freezing

Teknik ketiga yang dapat anda coba dirumah yaitu teknik freezing, yaitu teknik memotret gambar atau objek yang bergerak dengan menggunakan shutter speed tinggi. Pada Teknik ini seolah membekukan gerakan benda atau objek tersebut.

Teknik freezing lainnya yakni Levitasi, jumpshot dan lain lain yang menggunakan shutter speed tinggi untuk menciptakan gambar yang seolah-olah membekukan objek.

  • Sudut Pengambilan Gambar

Teknik yang digunakan pada saat memotret dengan cara melihat sudut pandang atau posisi dari kamera pada objek atau benda yang akan dibidik. Terdapat 3 jenis pengambilan sudut pandang gambar yaitu eye level, bird level, dan frog eye.

  • Field Of View

Field of view merupakan cara melihat objek atau benda dari ukuran jarak lensa menuju objek. Terdapat beberapa jenis field of view yang umum nya digunakan, yaitu :

  1. Extreme Close-Up – Memotret objek atau benda dengan jarak yang sangat dekat, sehingga detail objek atau benda yang di potret seperti tekstur ataupun kerutan pada wajah akan terlihat jelas.
  2. Close Up – Objek atau benda yang di potret dengan batasan dari atas kepala hingga bahu.
  3. Medium Close Up – Objek atau benda yang di potret dengan batasan atau komposisi dari atas kepala hingga dada.
  4. Head Shot – Objek atau benda yang di potret dengan batasan atau komposisi dari atas kepala hingga dagu.
  5. Mid Shot – Objek atau benda yang di potret dengan batasan atau komposisi dari atas kepala hingga pinggang, atau biasa disebut dengan foto setengah badan.
  6. Medium Shot – Objek atau benda yang di potret dengan batasan atau komposisi dari atas kepala hingga lutut.
  7. Full Shot – Objek atau benda yang di potret dengan batasan atau komposisi dari atas kepala hingga kaki.
  8. Long Shot –  Jenis pemotretan yang diambil dengan jarak yang jauh dari objek atau benda.

Dalam dunia fotografi, khusus nya teknik-teknik fotografi memerlukan jam terbang dan terus mencoba untuk mendapatkan momen atau jepretan yang sempurna sesuai dengan keinginan dan pesan yang ingin disampaikan melalui media gambar yang diciptakan.

Demikian informasi mengenai beberapa teknik dalam fotografi yang dapat anda coba, semoga sumber informasi ini dapat membantu anda untuk mengenal dasar-dasar teknik dalam fotografi.

Terima Kasih

Posted by : Pondokwedding.com

jasa foto engagement,Pondokwedding Adalah salah satu penyedia jasa foto prewedding dan  jasa foto pernikahan, sewa tenda pernikahan dan dekorasi untuk berbagai event. Lebih khusus nya pada paket prewedding dan pernikahan. Pondok wedding mencover area seperti Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi dan Tangerang. Dengan di dukung tenaga muda profesional dan yang terpenting adalah harga kami terjangkau dan bisa di buktikan kualitasnya.
Summary
Teknik Fotografi Yang Dapat Anda Coba
Article Name
Teknik Fotografi Yang Dapat Anda Coba
Description
Ada banyak teknik fotografi yang anda harus coba, dan dapat anda coba meskipun dirumah. Berikut ini Pondokwedding.com akan memberikan 8+ tips & trik teknik fotografi yang anda dapat coba serta penjelasan tentang apa itu fotografi.
Author
Publisher Name
Pondok Wedding
Publisher Logo

Related Posts